G A M E ?



 DEFINISI GAME
Game tentunya bukan hal yang asing bagi masyarakat. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak, bahkan balita, kini telah mengenal game yang hadir melalui perangkat smartphone. Game dijadikan sebagai media pelepas penat, time killer, bahkan ada yang menjadikannya sebagai profesi. Jadi, apa sebenarnya game itu? Bilamana sesuatu disebut sebagai game? Apa saja kata kunci dalam game?
Untuk menjawab semua pertanyaan di atas, simaklah pembahasan berikut.
Banyak pakar game yang telah mendefinisikan pengertian game dari sudut pandang yang berbeda. Menurut Tracy Fullerton (2008: 42), Game merupakan sistem dinamis yang dibangun oleh struktur elemen formal dan dramatis, keduanya menghasilkan keutuhan kompleksitas. Kedua elemen tersebut memberikan pengalaman yang menarik. Dalam konteks ini, sesuatu disebut game jika terdapat elemen formal dan dramatis. Elemen formal yaitu elemen yang harus ada dalam game, yaitu: pemain, tujuan, sumber daya, halangan, reward, dan sebagainya. Sedangkan elemen dramatis yaitu elemen yang berhubungan dengan aspek emosional, contohnya karakter dan cerita.
Menurut Ernest Adams (2010: 3), Game merupakan jenis kegiatan bermain yang dilakukan dalam konteks mirip realitas, dimana pemain mencoba mendapatkan minimal satu tujuan acak melalui tindakan yang sesuai aturan. Dalam definisi tersebut terdapat empat kata kunci, yaitu: realitas, tujuan, tindakan, dan aturan. Definisi game secara lebih rinci dikemukakan oleh David Parlette (Katie Salen: 2004), yaitu game sebagai sebuah permainan resmi memiliki struktur ganda berdasarkan akhir dan maksud. Akhir di sini adalah kontes untuk mencapai suatu tujuan, menjadi pemenang, menang adalah akhir dari pertandingan. Maksud di sini yakni terdapat suatu prosedural “aturan” untuk mencapai situasi menang.
Dua definisi game yang lain yaitu menurut Chris Crawford bahwa game merupakan bagian mendasar dari keberadaan manusia. Game juga merupakan latihan sistem kontrol secara sukarela, yang mana terdapat kontes diantara kekuatan, dibatasi oleh aturan-aturan untuk menghasilkan output yang disequilibrial (Elliot Avedon&Brian S(Jesse Schell, 2015: 41)).
Dari lima definisi di atas, definisi game bisa dibuat menjadi satu definisi kesimpulan, yaitu sebagai kegiatan bermain yang dinamis, dibangun oleh struktur formal dan dramatis yang dijadikan sebagai sistem kontrol untuk mencapai tahap akhir sebagai pemenang sesuai dengan prosedur aturan yang ditentukan dalam konteks mirip realitas, sehingga menjadi bagian dari esistensi manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGANTAR GAME DESIGN

SEJARAH GAME